Optimasi Booting dan Startup Windows

Makin banyaknya program yang terinstal pada Windows bisa membuat pc menjadi semakin lambat pada saat startup. Apalagi bila program-progam yang diinstal menambahkan perintah-perintah yang akan dijalankan dalam registry. Sehingga terkadang kita perlu waktu yang agak lama dan menunggu sampai pc siap untuk digunakan.

Untuk mengurangi beban startup tersebut, hapuslah beberapa entry yang menurut anda tidak begitu penting pada key Run dalam Registry. Langkah yang harus dilakukan untuk menghapus entry tersebut adalah sbb:

  • Klik Start>Run, bila kotak dialog run sudah muncul, ketik regedit lalu klik OK.
  • Bila Registry Editor sudah terbuka, arahkan pada key HKEY_LOCAL_MACHINE\Software\Microsoft\Windows\Current Version\Run dengan cara mengklik tanda plus (+) pada sebelah kiri tiap-tiap item.
  • Silahkan hapus entry yang sekiranya tidak perlu dijalankan pada saat startup, anda akan mengenalinya dari nama key (Name) maupun lokasi (Data) dari program yang tersebut.
  • Jika sudah selesai, kini arahkan pada key HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\Current Version\ Run, lalu lakukan hal yang sama seperti pada key sebelumnya.
  • Tutup Registry Editor, cobalah dengan me-restart Windows.
- Semoga bermanfaat

Komentar