Optimasi Performa Windows

Untuk mendongkrak performa dan kinerja Windows, kebutuhan akan memori yang besar merupakan suatu hal yang mutlak, sulit untuk ditawar. Ditambah lagi dengan penambahan software yang dirasa cukup perlu untuk digunakan. Namun, tahukah anda ada beberapa layanan (service) yang sebenarnya tidak kita butuhkan namun tetap berjalan dibelakang layar pada saat Windows beroperasi?

Secara manual, bisa saja layanan-layanan tersebut kita matikan melalui Task Manager, tetapi hal ini harus dilakukan setiap kali kita menghidupkan PC (Windows beroperasi). Hal ini tentunya akan merepotkan kita sendiri. Ada cara lain yang lebih efisien untuk mematikan layanan-layanan tersebut, berikut langkah-langkahnya:

  • Klik Start>Run... kemudian ketik services.msc lalu klik OK.
  • Jendela Services akan terbuka, program-program yang berjalan dibelakang layar akan ditampilkan berbaris dalam kolom Name, Description, Status, Startup Type dan Log On As. Klik kanan pada program yang sekiranya akan dimatikan dari services, lalu klik kolom Startup Type hingga muncul tiga pilihan: Automatic, Manual dan Disabled, pilihlah sesuai dengan keinginan. Jika benar-benar ingin dimatikan dan tidak dibutuhkan pilihlah Manual atau Disabled (sebaiknnya lihat seberapa penting program bila dimatikan dengan melihat hubungannya dengan program lain, caranya klik Dependencies).
  • Beberapa program secara default sangat diperlukan oleh sistem, maka berhati-hatilah sebelum mematikan program, antara lain: Event Log, Plug n Play, Remote Procedure Call (RPC), Windows Audio dan Windows Management Instrumentation.

- Semoga bermanfaat

Komentar