Partisi Harddisk, Seberapa Penting?

Harddisk besar selalu dianjurkan untuk dipartisi. Paling tidak sedikitnya menjadi 2 ruang. Yang satu untuk sistem operasi dan perangkat lunak (software) tambahan dan yang satu sebagai ruang penyimpanan data. Haruskah?

Dengan alasan keamanan data, karena ruang harddisk yang berisi sistem operasi (os) memiliki kemungkinan terkorup atau lost lebih besar dibandingkan ruang yang berisi data. Andai saja bagian itu terkorup, ada kemungkinan data tidak akan dapat lagi diakses.

Apabila dipisah (dipartisi), kemungkinan tersebut menjadi kecil. Alasan yang lain adalah bila kita menggunakan (menginstal) lebih dari 1 sistem operasi dalam 1 komputer /pc, apalagi jika file sistem dari masing2 sistem operasi tersebut berbeda, tentunya melakukan partisi pada harddisk merupakan suatu keharusan, kecuali kita menggunakan perangkat lunak tertentu seperti virtual pc dalam suatu sistem operasi untuk menjalankan sistem operasi yang lain. Namun tetap saja jika demikian datanya akan tersimpan dalam satu ruang saja, tidak terpisah.

Meskipun 2 atau lebih sistem operasi menggunakan file sistem yang sama, sebaiknya tetap dipisah, demi mengurangi kemungkinan korupnya file sistem dan keamanan data kita sendiri.

- Semoga bermanfaat

Komentar